Edukasi Dzikir dan Konsumsi Kurma dalam Persiapan Persalinan

Main Article Content

Ratna Wulan Purnami
Endah Tri Wahyuni
Islami Adi Wulanuari

Abstract

Persiapan persalinan merupakan serangkaian proses untuk mengeluarkan produk kehamilan (cairan ketuban, janin dan plasenta). Hal yang perlu dipersiapkan ibu meliputi persiapan fisik, psikologi, finansial dan kultural. Perasaan takut, gugup dan panik dapat terjadi pada ibu menjelang persalinan. Perasaan cemas pada ibu hamil bisa berdampak bagi janin, untuk itu perlu adanya stimulus untuk menentramkan hati ibu. Perasaan takut menjelang persalinan dapat menyebabkan stres pada ibu. Untuk mencegah dan mengurangi stres ibu hamil dapat melakukan relaksasi. Relaksasi dengan dzikir adalah sebuah metode yang digunakan dengan harapan dapat mengurangi kecemasan dalam kehamilan. Selain persiapan psikologi, pesiapan fisik yang dilakukan adalah memastikan ibu tidak mengalami anemia. Konsumsi tablet tambah  darah ibu bisa dikombinasikan dengan pemilihan makanan yang kaya akan zat besi salah satunya kurma. Dari hasil studi pendahuluan di Klinik Nur Hidayah pasien ibu-ibu hamil merasakan kecemasan dalam menghadapi persalinan dan perubahan peran sebagai seorang ibu bagi ibu primigravida. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk memberikan edukasi dzikir dan pemberian kurma dalam persiapan persalinan. Metode    pelaksanaan edukasi  dengan  ceramah, membagikan buku dzikir dan kurma serta demonstrasi melantunkan dzikir bersama. Ibu hamil sangat antusias dalam mengikuti materi dan praktik melantunkan dzikir. Pada sesi akhir evaluasi praktik dzikir, 72% mampu berdzikir dengan baik, 20% cukup baik dan sebesar 8% masih memerlukan bimbingan. Ibu hamil bersemangat dalam melantunkan dzikir karena mengetahui manfaatnya untuk relaksasi diri dan mengurangi kecemasan menjelang persalinan. Ibu hamil bersedia menkonsumsi kurma sebagai persiapan persalinan agar memiliki tenaga yang adekuat dan mampu menjaga kadar Hb agar tetap normal.

Article Details

How to Cite
Purnami, R. W., Endah Tri Wahyuni, & Islami Adi Wulanuari. (2024). Edukasi Dzikir dan Konsumsi Kurma dalam Persiapan Persalinan . ABDIMAS Madani, 6(1). https://doi.org/10.36569/abdimas.v6i1.157
Section
Articles

References

Akgun, M., Boz, I., & Ozer, Z. (2020). The effect of psychoeducation on fear of childbirth and birth type: systematic review and meta-analysis. Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology, 41(4), 253–265. https://doi.org/10.1080/0167482X.2019.1689950
Amaris, A. F., & Rachman, H. S. (2022). Pengaruh Pemberian Kurma (Phoenix dactylifera) terhadap Kadar Hemoglobin pada Pasien Anemia. Jurnal Riset Kedokteran, 2(2), 123–134. https://doi.org/10.29313/jrk.vi.1538
Anwar, H., Is Jurusan Ilmu Hadis, F., Ushuluddin dan Studi Islam, F., Sumatera Utara Jl William Iskandar PsV, U., Estate, M., Percut Sei Tuan, K., & Deli Serdang, K. (2023). KHASIAT MADU DAN KURMA DALAM MENGOBATI PENYAKIT DITINJAU DARI HADIS NABI SAW. In Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa (Vol. 1).
Arsi, R., Wisudawati, E., & Ulfa M. (2023). Pengaruh Terapi Dzikir terhadap Kecemasan Ibu Hamil. Jurnal ’Aisyah Medika, 8(2), 255–264.
Fauziah, N. A., & Maulany, N. (2021). Konsumsi Buah Kurma untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Trimester III Dengan Gangguan Anemia. Majalah Kesehatan Indonesia, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.47679/makein.202136
Purnami, R. W., & Noviyanti, R. (2019). EFEKTIVITAS PIJAT PERINEUM PADA IBU HAMIL TERHADAP LASERASI PERINEUM Effectiveness Of Perineal Massage During Pregnant Women On Perineal Laseration. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 10(2), 61–68.
Purnami, R. W., & Wahyuni, E. T. (2022). Phoenix Dactylifera Terhadap Percepatan Persalinan. Proceeding of Conference On Multidisciplinary Reasearch In Health Science and Technology (Vol. 1. No 1. 2022).
Rahman, A., Mega, U., & Abstrak, R. (n.d.). Terapi Dzikir Dalam Islam Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Remembrance Therapy in Islam Against Anxiety Level In pregnant women.
Tristanti, I., & Nurwati, I. (2022). PSIKOEDUKASI PADA KECEMASAN KEHAMILAN. In Indonesia Jurnal Kebidanan (Vol. 6, Issue 2).
Yuliana, A., & Wahyuni, T. (220 C.E.). Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Tentang Persiapan Persalinan Di Desa Wonorejo Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 34–43.