PELATIHAN MEMBUAT STORY EBOOK MENGGUNAKAN PLATFORM STORYJUMPER UNTUK ANAK DAN REMAJA KELOMPOK BABUSALAM MUNGGUR SRIMARTANI PIYUNGAN
Main Article Content
Abstract
Perangkat online atau digital sudah menjadi hal yang biasa di jaman sekarang apalagi paska pandemic Covod-19 ketikasebagain besar masayarakata dunia memaksimalkan fungsi digital yang kemudian menjadi gaya hidup sampai saat ini. Penggunaan ebook salah satunya menjadi hal yang digunakan dalam dunia pembelajaran. Ebook tidak hanya menguntungkan sacara material karea paperless tapi juga memudahkan akses dan pembagian atau penyebaran dokumennya. Anak-anak yang sudah biasa mendapatkana materi dalam bentuk e-book perlu diberikan kemampuan untuk menyusun sendiri ebook mereka untuk melatih kreatifitas dalam membuat karya tulis. Atas dasar ini team pengabdiam masyarakat memberikan pelatihan kepada kelompok anak dan remaja Babaussalam yang ada di dusun munggur Rt 1 Desa Srimartani Piyungan Bantul. Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat 16 Desember 2023 di kegiatan rutin Kajian Babussalam. Team pangabdian memberikan pelatihan dengan memberikan simulasi dan panduan bagaimana membat buku cerita dengan mengguanakan webbased ebook dari storyjumper.com. Kegiatan di ikuti oleh 22 peserta anak dan remaja laki-laki. Setelah kegiatan selesai peserta dapat menunjukkan pemahamannya tentang bagaimana membuat bukucerita digital dengan menggunakan webbased ebook storyjumper.com
Article Details
References
Hoesny, M. U., Ratnawati, Y., Agustina, L., & Imron, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Online Bagi Guru-Guru Man Di Kabupaten Jombang. Pambudi, 5(02), 72–79. https://doi.org/10.33503/pambudi.v5i02.1454
Home | StoryJumper. (n.d.). Retrieved January 21, 2023, from https://www.storyjumper.com/library/my
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Ratnasari, E. M. (2019). View of Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 9 No 3. https://doi.org/https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1866