Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Cuci Tangan 6 Langkah Pada Siswa Di SD N Pagesangan Surabaya

Main Article Content

Dian Trilus Wijayanti
Alief Ayu Purwitasari
Cesa Septiana Pratiwi

Abstract

Teknik Cuci Tangan 6 Langkah merupakan salah satu dari sepuluh komponen Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diinisiasi oleh pemerintah. Mencuci tangan dengan sering menggunakan 6 langkah adalah metode penting untuk mencegah infeksi dan penyebaran penyakit di kalangan anak-anak. Di SDN Pagesangan Surabaya, belum pernah diadakan penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan 6 langkah yang benar, sehingga banyak ditemukan masalah seperti siswa yang tidak membiasakan mencuci tangan setelah bermain. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sekolah dasar dalam sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui teknik Cuci Tangan 6 Langkah di SDN Pagesangan Surabaya.Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan 6 langkah, mencakup manfaat dan pentingnya mencuci tangan, konsekuensi tidak mencuci tangan secara teratur, waktu yang tepat untuk mencuci tangan, dan demonstrasi cara cuci tangan 6 langkah yang benar. Selain itu, siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan teknik cuci tangan 6 langkah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Mei 2024, dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan teknik cuci tangan 6 langkah dan mampu mempraktikkan metode cuci tangan 6 langkah dengan benar.


 

Article Details

How to Cite
Wijayanti, D. T., Ayu Purwitasari, A., & Septiana Pratiwi, C. (2025). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Cuci Tangan 6 Langkah Pada Siswa Di SD N Pagesangan Surabaya. ABDIMAS Madani, 7(01), 01-07. https://doi.org/10.36569/abdimas.v7i01.162
Section
Articles

References

Alim, M. L. (2021). Penyuluhan Tata Cara Mencuci Tangan Yang Tepat Di Pos Paud Aqila Kid’s Desa Rimbo Panjang.Curtis, V., & Cairncross, S. (2003). Effect of washing hands with soap on diarrhoea risk in the community: a systematic review. The Lancet Infectious Diseases, 3(5), 275–281. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(03)00606-6Fitriana, V., Narayani, I., Nur, H. A., Pujiati, E., Yuliana, A. R., Cahyanti, L., & Lestari, P. (2023). Edukasi 6 Langkah Cuci Tangan Untuk Pencegahan Infeksi. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 4(2), 32–41.Khan, S., Ashraf, H., Iftikhar, S., & Baig‑Ansari, N. (2021). Impact of hand hygiene intervention on hand washing ability of school‑aged children. Journal of Family Medicine and Primary Care, 6(2), 169–170. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpcMengistu, D. A., Alemu, F. K., & Mangasha, A. E. (2022). Hand washing practice among public primary school children and associated factors in Harar town , eastern Ethiopia : An.Nasir, N. M., Farah, W., Desilfa, R., Khaerudin, D., Safira, Y., Intan, A., Maulana, A. S., Warahmah, M., Studi, P., Masyarakat, K., Kesehatan, F. I., Islam, U., Syarif, N., Jakarta, H., & Selatan, T. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SD Di Tangerang Selatan. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1, 45–49.Rabani, M. R., Nurfadia, A., Utami, B. A., Rafi, M., Dhiya, A., & Paputungan, M. (2022). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Cara Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Yayasan Tpq Al-Ansari Kelurahan Rempoa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ.Ramesh, A., Blanchet, K., Ensink, J. H. J., & Roberts, B. (2015). Evidence on the effectiveness of water, sanitation, and hygiene (WASH) Interventions on Health Outcomes in Humanitarian Crises: A Systematic Review. PLoS ONE, 10(9), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0124688