Pemberian Edukasi Mindfullness Untuk Menurunkan Stres Remaja Pada Siswa Kelas X Ma Icbb Yogyakarta

Main Article Content

isti antari

Abstract

Masa remaja berada dalam fase transformasi berupa perubahan fisik, emosional, dan sosial serta tantangan baru di era digital yang sering memicu stres dan kecemasan. Sekolah dengan sistem berbasis pesantren dengan berbagai macam tuntutan juga merupakan salah satu stressor tersendiri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang mindfullness pada siswa Madrasah Aliyah (MA) Karantina Putri Islamic Center Bin Baz menghadapi tekanan psikologis dan sosial. Pengabdian ini dilaksanakan pada 2 November 2024, melibatkan 93 siswa putri kelas X, yang berada dalam masa transisi pendidikan. Metode berupa survei awal, edukasi teori dan praktik mindfullness, diskusi dan refleksi kelompok. Hasil menunjukkan pendidikan tentang mindfullness meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa tentang mindfullness. Nilai rerata akhir berada pada nilai 78. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan pengukuran pasca-kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini membantu siswa meningkatkan pengetahuan dan mempraktikkan mindfullness secara efektif, meskipun tantangan implementasi tetap ada dalam lingkungan pendidikan

Article Details

How to Cite
isti antari. (2025). Pemberian Edukasi Mindfullness Untuk Menurunkan Stres Remaja Pada Siswa Kelas X Ma Icbb Yogyakarta . ABDIMAS Madani, 7(01), 27-31. https://doi.org/10.36569/abdimas.v7i01.172
Section
Articles

References

1. Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (n.d.). Penerapan Mindfullness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z.
2. Dika, I. K. A., & Widyana, I. M. (2023). Pengaruh Pelatihan Mindfullness terhadap Penurunan Emosi Negatif pada Penderita Hipertensi. Jurnal Psikologi.
3. Dunning, D. L., Griffiths, K., Kuyken, W., Crane, C., Foulkes, L., Parker, J., & Dalgleish, T. (2023). Mindfullness Interventions for Adolescent Mental Health: A Narrative Review. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 64(1), 72-89.
4. Fauzia, R., & Listiyandini, R. A. (2018). Peran Trait Mindfullness (Rasa Kesadaran) Terhadap Penerimaan Diri Pada Remaja Dengan Orangtua Bercerai. https://www.researchgate.net/publication/329041137
5. Felver, J. C., Celis-de Hoyos, C. E., Tezanos, K., & Singh, N. N. (2021). Mindfullness-Based Interventions in Schools: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Clinical Child and Family Psychology Review, 24(1), 1-22.
6. Hidayati, N. (2018). Mindfullness Based Stress Reduction (MBSR) untuk Resiliensi Remaja yang Mengalami Bullying.
7. Kabat-Zinn, J. (2022). The Role of Mindfullness in Adolescent Development. Journal of Mindfullness and Adolescent Health, 14(2), 123-136.
8. Profesi, M. P., Psikologi, F., Mercu, U., Yogyakarta, B., Wates, J., 10, K. M., & Yogyakarta, D. I. (n.d.). Pengaruh Pelatihan Mindfullness terhadap Penurunan Emosi Negatif Penderita Hipertensi Eka Misniar Dika* dan Rahma Widyana. Agustus, 8(2), 138–154. https://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/
9. Tang, Y., Hölzel, B., & Posner, M. (2020). The Neuroscience of Mindfullness Meditation. Nature Reviews Neuroscience, 21(10), 600-611.
10. Waney, N. C., Kristinawati, W., & Setiawan, A. (2020). Mindfullness Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Era Digital. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 73. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.969
11. Waters, L., Sun, J., & Kern, M. L. (2024). Positive Education and Mindfullness: Synergizing Efforts to Promote Adolescent Well-being. International Journal of Well-being in Education, 15(2), 105-117.