Pelatihan Napas "Tiup API" Untuk Proses Persalinan Kala I
Isi Artikel Utama
Abstrak
Persalinan kala I merupakan tahap terpanjang dari seluruh proses persalinan. Nyeri kontraksi pada kala I merupakan hal yang paling memberatkan bagi ibu bersalin. Tak jarang, di tengah proses persalinan seorang ibu lebih memilih menyerah dan memutuskan untuk saecar. Sebenarnya, kala I dengan nyeri kontraksinya bisa dilewati dengan menggunakan teknik bernapas yang tepat, namun tidak semua ibu bersalin paham dan mampu menerapkannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan ketrampilan ibu hamil menggunakan teknik napas “tiup api” saat persalinan kala I. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi tentang teknik napas yang digunakan pada saat persalian kepada ibu hamil member grup whatsapps Persalinanku Menakjubkan dan MomID. Edukasi dilaksanakan dalam bentuk klasikal, terdiri dari penyampaian materi yang dilanjutkan dengan tanya jawab. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-15 Juni 2022 diikuti oleh 277 orang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ibu hamil dalam melakukan swasugesti dan latihan napas teknik “tiup api” yang semula 27 % (75 orang) dalam kategori cukup meningkat dalam menjadi baik. Sementara 73% peserta (202 orang) yang tadinya belum tahu dan baru sedikit tahu tentang swasugesti serta teknik napas meningkat dalam kategori cukup. Para peserta juga mengatakan bahwa keyakinan diri menghadapi persalinan meningkat karena merasa sudah memiliki amunisi menghadapi saat paling mendebarkan, yaitu kontraksi. Diharapkan kepada ibu hamil untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan persiapan persalinan agar memiliki keyakinan diri yang positif menghadapi persalinan.
Rincian Artikel
Referensi
Cicek, S., & Basar, F. (2017). The effects of breathing techniques training on the duration of labor and anxiety levels of pregnant women. Complementary Therapies in Clinical Practice, 29, 213–219. https://doi.org/10.1016/j.ctcp.2017.10.006
Damayanti, I. P. (2015). Hubungan Teknik Pernafasan dengan Kemajuan Persalinan. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.33639/ptc.2019..30.001
Desmawati, Kongsuwan, W., & Chatchawet, W. (2020). The effects of childbirth preparation nursing intervention integrating islamic praying program on duration of labor and neonatal outcomes in primiparous muslim women. Walailak Journal of Science and Technology, 17(10), 1048–1059. https://doi.org/10.48048/wjst.2020.5456
Esmaelzadeh Saeieh, S., Rahimzadeh, M., Yazdkhasti, M., & Torkashvand, S. (2017). Perceived social support and maternal competence in primipara women during pregnancy and after childbirth. International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 5(4), 408–416.
Striebich, S., Mattern, E., & Ayerle, G. M. (2018). Support for pregnant women identified with fear of childbirth (FOC)/tokophobia – A systematic review of approaches and interventions. Midwifery, 61(February), 97–115. https://doi.org/10.1016/j.midw.2018.02.013
Sulistyawati, A. (2021a). Psikoedukasi Meningkatkan Self-efficacy Ibu Hamil Menghadapi Persalinan. Mitra Edukasi Negeri.
Sulistyawati, A. (2021b). The Effect of Personal Support on Anxiety of Pregnant Women in Facing Labor. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 12(01), 32–37.
Sulistyawati, A. (2022). Pendampingan Ibu Hamil Sebagai Upaya Menurunkan Kecemasan Menghadapi Persalinan. Jurnal Abdimas Madani, 4(1).
Sulistyawati, A., & Khanifah, S. (2015). DENGAN PERSALINAN PRETERM. 7–13.
Sulistyawati, Ar. (2021). Persalinanku Menakjubkan (1st ed.). CV Mitra Edukasi Negeri.
Teles, L. M. R., Américo, C. F., Oriá, M. O. B., Vasconcelos, C. T. M., Brüggemann, O. M., & Damasceno, A. K. de C. (2018). Efficacy of an educational manual for childbirth companions: Pilot study of a randomized clinical trial. Revista Latino-Americana de Enfermagem, 26. https://doi.org/10.1590/1518-8345.2277.2996
Turan, G., Peker, N., & Bağlı, İ. (2021). Evaluation of the effect of Birth Preparation Program on birth satisfaction with „ Salmon ’ s Item List ” scale. March. https://doi.org/10.5603/GP.a2021.00