Peran Sebagai Vaksinator Dalam Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Pesantren Islamic Center Binbaz
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan pesatnya penyebarannya perlu melakukan upaya-upaya dalam menanganinya. Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, salah satu cara lain yang sangat mungkin untuk mencegah penyebaran virus ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Tujuan untuk memberikan kontribusi dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19. Sasaran kegiatan ini santri dan karyawan di lingkungan Pesantren Islamic Center Bin Baz (ICBB). Kegiatan vaksinasi COVID-19 ini menggunakan metode vaksin massal dengan sasaran kegiatan santri, mahasiswa dan Guru, Dosen dan karyawan serta keluarga di lingkungan Pesantren Islamic Center Bin Baz (ICBB). Kegiatan di laksanakan tanggal 26 Oktober 2022 berjalan lancar dengan jumlah peserta vaksin yang hadir sejumlah 1312 atau 81% dari target sasaran. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan vaksinasi tidak terdapat peserta vaksin yang mengalami efek samping yang memerlukan perawatan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini memberikan kemanfaatan dengan kemudahan akses bagi santri, mahasiswa,karyawan di lingkungan ICBB mendapatkan vaksin COVID-19.
Rincian Artikel
Referensi
Haas, E. J., Angulo, F. J., McLaughlin, J. M., Anis, E., Singer, S. R., Khan, F., Brooks, N., Smaja, M., Mircus, G., & Pan, K. (2021). Impact and effectiveness of mRNA BNT162b2 vaccine against SARS-CoV-2 infections and COVID-19 cases, hospitalisations, and deaths following a nationwide vaccination campaign in Israel: an observational study using national surveillance data. The Lancet, 397(10287), 1819–1829.
Indonesia, S. K. R. (2021). Vaksinasi Segera Dimulai, Presiden: 329, 5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Telah Dipesan. Last Modified.
Macartney, K., Quinn, H. E., Pillsbury, A. J., Koirala, A., Deng, L., Winkler, N., Katelaris, A. L., O’Sullivan, M. V. N., Dalton, C., & Wood, N. (2020). Transmission of SARS-CoV-2 in Australian educational settings: a prospective cohort study. The Lancet Child & Adolescent Health, 4(11), 807–816.