PELATIHAN UNTUK PELATIH BANTUAN HIDUP DASAR TAHUN 2023 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Isi Artikel Utama

Ignasia Nila Siwi
Ahmad Jamaluddin
Dian Eka Putra Suwarto
Nur Ahliy Muhammad

Abstrak

Kondisi kegawatdaruratan dan bencana dapat terjadi di manapun dan kapanpun. Kondisi tersebut membutuhkan pertolongan penolong pertama agar dapat meminimalkan morbiditas maupun mortalitas. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana. Penolong pertama diperoleh melalui pelatihan bantuan hidup dasar yang diberikan oleh pelatih. Seorang pelatih penolong pertama membutuhkan pelatihan untuk pelatih bantuan hidup dasar agar dapat melatih penolong pertama. Pelatihan untuk pelatih bantuan hidup dasar dilaksanakan dengan tujuan menyiapkan calon pelatih yang mampu mengajarkan pengetahuan maupun ketrampilan kepada penolong pertama. Metode yang digunakan dalam pelatihan untuk pelatih ini adalah ceramah, simulasi dan demonstrasi. Hasil pelatihan menunjukkan 45,45%(10 peserta) yang lulus ujian tulis dan praktik, 45,45%(10 peserta) hanya lulus ujian praktik dan 9%(2 peserta) hanya lulus ujian tulis. Kesimpulan pelatihan yaitu tidak semua peserta yang ikut mampu lulus ujian tulis dan praktik sehingga diperlukan keikutsertaan kembali sebagai peserta di kegiatan yang sama.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Hatmalyakin, D., Akbar, A., Arisandi, D., Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Amaludin, M., & Priyatnanto, H. (2023). Edukasi penolong pertama pada kasus trauma. 7(1), 242–251.
Herlianita, R., Ruhyanudin, F., Wahyuningsih, I., Husna, C. H. Al, Ubaidillah, Z., Theovany, A. T., & Pratiwi, Y. E. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan praktik pada pertolongan pertama penanganan luka bakar. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), 163–169. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.2825
Jorge-Soto, C., Abilleira-González, M., Otero-Agra, M., Barcala--furelos, R., Abelairas-Gómez, C., Szarpak, Ł., & Rodríguez-Núñez, A. (2019). Schoolteachers as candidates to be basic life support trainers: A simulation trial. Cardiology Journal, 26(5), 536–542. https://doi.org/10.5603/CJ.a2018.0073
Masturo; Kholisotin; Agustin. (2020). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan tentang SADARI dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Demonstrasi terhadap Perilaku WUS dalam Melakukan SADARI U . Masturo *, 2 Kholisotin , 3 Y . D Agustin , Program Studi D-III Keperawatan , Universitas Bondowoso * Em. 3(2), 141–154. https://jurnalilmiah.stikescitradelima.ac.id/index.php/JI/article/view/86/44
Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. Journal of Character Educationn Society, 3(2), 403–413. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi5rf_x7IHwAhXYZSsKHfw7CxQQFjAEegQICBAD&url=http%3A%2F%2Fjournal.ummat.ac.id%2Findex.php%2FJCES%2Farticle%2Fdownload%2F2368%2Fpdf&usg=AOvVaw0rgr66YpWMziAT8PzrqxMk
Padila; Juli, Andri; Harsismanto, J; Muhammad Bagus, Andrianto; Rengga Depri, A. (2020). Pembelajaran Cuci Tangan Tujuh Langkah melalui Metode Demonstrasi pada anak Usia Dini. 2, 112–118. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/1395/948
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Subdari, D. T., Anwar, R., Rasyad, A. S., Wijayanegara, H., Rowawi, R., & Komalaningsih, S. (2020). Pengaruh Media Booklet Dan Metode Ceramah Tanya Jawab Terhadap Pengetahuan Keluarga Tentang Dukungan Pada Lansia. Jurnal Sistem Kesehatan, 5(4), 160–165. https://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/31285
Sukesi, T. W., Maurizka, I. R., Pratiwi, R. D., Kahar, M. V., Sari, D. A. P., Indriani, N. S., & Santi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Rumah Sehat Dengan Metode Ceramah Dan Leaflet Di Dusun Modalan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1961
Tsao, C. W., Aday, A. W., Almarzooq, Z. I., Anderson, C. A. M., Arora, P., Avery, C. L., Baker-Smith, C. M., Beaton, A. Z., Boehme, A. K., Buxton, A. E., Commodore-Mensah, Y., Elkind, M. S. V., Evenson, K. R., Eze-Nliam, C., Fugar, S., Generoso, G., Heard, D. G., Hiremath, S., Ho, J. E., … Martin, S. S. (2023). Heart Disease and Stroke Statistics - 2023 Update: A Report from the American Heart Association. In Circulation (Vol. 147, Issue 8). https://doi.org/10.1161/CIR.0000000000001123
Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana : Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2), 156. https://doi.org/10.32807/bnj.v3i2.887