PENINGKATAN MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI PARENTING CLASS DI PAUD BUAH HATI BUNDA

Isi Artikel Utama

Ery Fatmawati
Sakinah Putri S
Sri Astuti

Abstrak

Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting, karena saat itu dimulainya pembentukan mental dan karakter semasa kecil atau pada usia 0-5 tahun sebelum masuk sekolah pada tingkat pertama di sekolah dasar. Program (parenting class) menjadi salah satu program dalam penguatan kehidupan keluarga dan masyarakat, terutama perkembangan anak usia dini, metode pengasuhan dan pola komunikasi yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakat. Persentase kehadiran kegiatan di PAU masih mencapai 70%, hal ini perlunya peningkatan motivasi bagi orangtua untuk mengajak putra putrinya dalam kegiatan pendidikan anak usia dini. Metode dalam pengabdian dengan menggunakan metode ceramah yang dilaksanakan diparenting class. Hasil pengabdian Pengabdian yang telah dilaksanakan, bahwa kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang positif dari para peserta, serta guru-guru di PAUD, dimana para peserta  antusias mengikuti kegiatan, dan para orangtua menyadari betapa pentingnya pendidikan anak usia dini dan memahami tentang tahapan perkembangan otak pada manusia. Kesimpulan kegiatan ini adalah dapat memberikan nilai tambah dalam proses pendekatan kepada para orangtua balita untuk bersemangat dalam mengajak putra putrinya dalam kegiatan pendidikan anak usia dini. Kesimpulan kegiatan ini adalah dapat memberikan nilai tambah dalam proses pendekatan kepada para orangtua balita untuk bersemangat dalam mengajak putra putrinya dalam kegiatan pendidikan anak usia dini

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ade Sadikin Akhyadi, 2018, Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Junal Abdimas IKIP Siliwangi, Vol 1, Nomor 1, Januari 2018.
Abdulhak, 2002. Metode Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung. Andira
Ihsana El-Khuluqo.2015. Manajemen PAUD. Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:
Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: universitas Terbuka.
Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Pieter, S. psi, Herri Zan. Dkk. 2010. Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan. Jakarta: Prenada Media Grup.