Pelatihan dan Pendampingan Pemahaman Instruksi Bahasa Inggris dalam Pembuatan Buku Digital Untuk Guru ICBB Putri
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dimasa pandemi Covid 19 hampir seluruh sekolah melaksanakan Pembelajaran secara online atau daring termasuk di dalamnya adalah SU/SD dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)&RA Bunayya Islamic Center Binbaz (ICBB) putri. Banyak keterbatasan dan kekurangan metode pembelajaran secara daring antara lain membludaknya file/dokumen digital yang membuat handphone guru menjadi penuh memory penyimpanannya. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat buku digital yang bisa dibuat secara online dan diambil dari salah satu website penyedia format buku digital secara gratis yaitu www.ebookcreator.com. Website tersebut tersedia dalam bahasa inggris sehingga pelatihan dan pendampingan pembuatan buku digital ini diberikan oleh pengabdi dengan tujuan untuk untuk memudahkan para guru dalam membuat buku digital untuk keperluan pengajaran secara daring. Pelatihan diberikan pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021 pada pukul 08.30 – 12.00 bertempat di aula Paud dan RA Bunayya ICBB. Peserta pelatihan adalah para guru SD/SU ICBB putrid an PAUD&RA Bunayya sejumlah 22 partisipan. Pengabdi memberikan bimbingan dalam memahami panduan di dalam website yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya. Pengabdi memberikan panduan step by step pembuatan buku digital dan semua peserta secara langsung praktek membuat buku digital dengan menggunakan laptop masing-masing dari tahap membuat akun baru, membuat dan memilihi jenis buku digital yang sesuai dengan kebutuhan pengajarannya sampai pada tahap akhir bagaiamana membagikan buku digital yang sudah selesai dibuat dalam bentuk link kepada murid/wali murid. Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan memberikan manfaat besar untuk guru dalam melakuakan pembelajaran secara daring.
Rincian Artikel
Referensi
Maciej serda. (2013). E-book technology and its potential applications in distance education - Strathprints. https://strathprints.strath.ac.uk/2613/
Ngurah, D., & Laksana, L. (2021). Implementation of Online Learning in The Pandemic Covid-19: Student Perception in Areas with Minimum Internet Access. Journal of Education Technology, 4(4), 502–509. https://doi.org/10.23887/JET.V4I4.29314